Jumat, 11 Januari 2019

4.3 Tugas Inovasi Sistem Informasi Modern (Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Transportasi Online)


Pada saat ini sebagian masyarakat tidak bisa terlepas dari smartphone mulai anak-anak hingga orang tua. Hampir semua jenis kegiatan sekarang dapat dipermudah dengan adanya sistem digital yang terhubung dengan koneksi internet seperti kegiatan sosial dan perekonomian.  Seperti yang kita ketahui, saat ini telah marak sistem transportasi online yang menggunakan aplikasi di smartphone. Namun, apa saja kelebihan dan kekurangan dari transportasi online.

Kelebihan

Efektif dan Efisien
Dalam pemesan sangat mudah dan menghemat waktu. Kalau kita lihat, ojek/taksi pengkolan konsumen harus mencari pangkalan ojek/taksi terlebih dahulu, sedangkan apabila menggunakan aplikasi kita hanya memesan melalui hp dan tidak lama ojek/taksi akan datang menghampiri.

Transparan Harga
Dari harga transportasi online dapat kita ketahui terlebih dahulu di aplikasi sehingga kita tidak perlu menawar atau melihat argo secara terus menerus. Hal ini memberikan rasa tenang terhadap penumpang.

Variasi Layanan
Tidak hanya fokus pada antar-jemput penumpang, kini beberapa aplikasi ojek online sudah menyediakan layanan-layanan tambahan lainnya, seperti : Go-Pulsa dan Go-Tix pada Go-Jek. Selain itu Go-Jek menciptakan mata uang virtual yang bernama Go-pay, sehingga pelanggan setianya dapat membayar beberapa tagihan dengan Go-pay bila top up.


Kelemahan

Privasi
Nomor handphone yang diberikan kepada driver tidak sedikit disalahgunakan oleh driver sehingga mengganggu privasi penumpang.

Tidak bisa pindah tujuan
Karena penentuan tujuan melalui aplikasi dan tidak bisa dirubah ketika penumpang sudah naik ojek/taksi online, sehingga apabila pindah tujuan penumpang bisa dikenakan ongkos lebih.

Jadi, setiap perubahan pasti ada kelebihan ataupun kekurangan sehingga masyarakat harus menggunakan aplikasi transportasi online secara bijak dan tetap berhati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar