NPM : 18114653
Kelas : 2KA20
Layanan SI yang Efektif dan Cepat Tanggap Terhadap
Permasalahan Tentang Aplikasi Yang Digunakan Oleh User
Sistem informasi menjadi prioritas pertama untuk
dikembangkan karena besarnya kekuatankekuatan lingkungan eksternal dan kesamaan
dari kekuatan faktor internal atau institusional. Beberapa sistem gagal karena
benturan diantara keadaan atau lingkungan internal. Faktor-faktor yang
dijadikan ukuran keberhasilan penerapan suatu sistem menurut Laudon yaitu:
tingkat penggunaannya relatif tinggi, kepuasan pengguna terhadap sistem, sikap
yang menguntungkan para pengguna terhadap sistem informasi dan staff dari sistem
informasi, tujuan yang dicapai dan imbal balik keuangan untuk organisasi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kesukesan penerapan sistem informasi, antara
lain adanya dukungan dari manajemen eksekutif, keterlibatan end user (pemakai
akhir), penggunaan kebutuhan perusahaan yang jelas, perencanaan yang matang,
dan harapan perusahaan yang nyata. Sementara alasan kegagalan penerapan sistem
informasi antara lain karena kurangnya dukungan manajemen eksekutif dan input
dari end-user, pernyataan kebutuhan dan spesifikasi yang tidak lengkap dan
selalu berubah-ubah, serta inkompetensi secara teknologi.
Langkah-langkah yang dapat diambil dengan menggunakan
penerapan IT dalam meningkatkan produk serta layanan yakni dapat dilakukan
dengan memanfaatkan kemudahan penggunakan teknologi dalam
bertelekomunikasi,sehingga dengan ini kita dapat dengan mudah untuk menyebarkan
informasi mengenai produk kita yang baru.Dengan istilah lain adalah information
produk share.Selain itu kita juga dapat melakukan langkah-langkah seperti :
PENERAPAN END USER COMPUTING
Dibutuhkan pemahaman mengenai teknologi sistem informasi
oleh pengembang yang akan melakukan pengembangan sistem sendiri. Jadi tidak
akan efektif jika pengembang sistem tidak memiliki pemahaman tentang teknologi
sistem informasi yang cukup, karena hal ini dipaksakan sudah bisa dipastikan
tidak akan berhasil. Beberapa tahap agar penerapan layanan si berjalan efektif
:
1. Tahap inisasi (Initiation)
Yaitu tahap dimana organisasi(perusahaan) mulai pertama kali
mngenal teknologi informasi. Memasng secara umum perusahaan yang ada sudah
melawati masa ini, meskipun masih ada juga beberapa yang masih dalam proses
tahapan inisiasi ini.
2. Tahap penularan (Contagion)
Yaitu tahap dimana organisasi (perusahaan) sudah mulai
banyak yang menggunakan teknologi informasi meskipun ini dilakukan atau tidak
terlalu mempertimbangkan untung ruginya dari penggunaan teknologi informasi
ini. Artinya aspek keuntungan (benefit) dan biaya (cost) benar-benar
dikesampingkan tetapi hanya meniru beberapa perusahaan yang menjadi pesaing
(competiter).
3. Tahap kendali (Control)
Pada tahap ini organisasi (perusahaan) sudah mulai selektif
di dalam penggunaan teknologi informasi. Ada hal yang dijadikan pertimbangan
sebelum memutuskan penggunaan teknolgi informasi seperti pertimbangan untung
rugi (cost & benefit). Artinya bila ada individu atau suatu unit di dalam
organisasi (perusahaan) membutuhkan teknologi informasi, bagian pengadaan takan
melakukan evaluasi dulu biaya yang dikeluarkan serta keuntungan yang nanatinya
akan didapat dengan penggunaan teknologi informasi.
4. Tahap matang
(Mature)
Pada tahap ini organisasi (perusahaan) menggunakan teknologi
informasi tidak hanya mempertimbangakan keuntungan (benefit) yang akan
didapatkan serta berapa biaya (cost) yang harus dikeluarkan tetapi lebih dari
itu bagaimana teknologi informasi yang digunakan dapat dijadikan sebagai alat
keunggulan di dalam bersaing (compatetive advantage).
Referensi :
http://zonaartikel1000.blogspot.com/2016/01/pengembangan-sistem-informasi-oleh.html
https://articleren.blogspot.com/2018/07/layanan-sistem-informasi-yang-efektif.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar