NPM : 18114653
Kelas : 2KA20
Sebutkan & jelaskan komponen dari ITIL !
Information Technology Infrastructure Library atau yang
biasa dikenal dengan ITIL, merupakan kumpulan best practices yang memberikan
suatu kerangka kerja dalam perancangan IT Service Management,seperti yang kita
sudah bahas sebelumnya. ITIL versi terbaru ialah ITIL Versi 3 yang merupakan
edisi tahun 2011, yang terdiri dari lima seri publikasi, dimana masing-masing
serinya terdiri dari siklus layanan. Adapunkeuntungan mengadopsi ITIL adalah
sebagai berikut (Office of Government Commerce, 2011);
- Meningkatkan kepuasan pengguna dan pelanggan terhadap layanan TI,
- Memperbaiki ketersediaan layanan, sehinggaa meiningkatkan keuntungan bisnis,
- Menghemat keuangan, dengan cara mengurangi pekerjaan yang berulang (rework) atau waktu yang terbuang dan dengan cara manajemen penggunaan sumberdaya,
- Meningkatkan time to market dari produk atau layanan baru,
- Meningkatkan dalam pengambilan keputusan dan mengurangi resiko.
ITIL V3 mempunyai lima fase atau dikenal sebagai ITIL
Lifecycle. Lima fase ini menggambarkan cara pandang dari manajemen layanan.
Berikut ini yang menunjukan fase yang ada pada ITIL V3:
1. Service Strategy
Service Strategy merupakan inti dari siklus hidup ITIL. Memberi
panduan bagaimana merancang dan mengimplementasikan layanan TI sebagai bagian
dari aset strategis perusahaan. Service Strategy mendefinisikan konsep utama
dari ITIL, sebagai panduan dasar dalam perancangan keseluruhan siklus hidup
ITIL. Service Strategy memberikan panduan dalam pengembangan Service Design,
Service Transition, Service Operation dan Continual Service Improvement. Proses
inti dari Service Strategy antara lain;
1. Strategy Management for IT Service,
2. Service Portfolio Management,
3. Financial Management for IT Service,
4. Demand Management,
5. Business Relationship Management.
2. Service Design
Service Design memberikan arahan untuk perancangan dan
pengembangan layanan serta proses-proses manajemen layanan, mencakup prinsip
dan metode untuk menerjemahkan tujuan strategis kedalam portfolio layanan dan
aset layanan. Service Design dimulai dari pengaturan kebutuhan bisnis hingga
selesainya pengembangan dari perancangan solusi layanan. Terdapat 5 (lima)
aspek dalam Service Design, antara lain;
Solusi layanan untuk layanan baru atau perubahan layanan,
Sistem informasi manahemen dan tools,
Teknologi dan arsitektur manajemen,
Proses,
Metode pengukuran dan matriks.
3. Service Transition
Service Transition fokus pada seluruh aspek layanan,
memberikan arahan pengembangan dan perbaikan untuk transisi layanan baru atau
perubahan layanan. Merupakan implementasi dan adaptasi dari Service Design.
Service Transition merencanakan dan mengkordinasikan sumber daya
(resource)sehingga menjamin kebutuhan dari Service Strategy yang dituliskan
dalam Service Design untuk dirilis pada Service Operation Service Transition
yang memberikan panduan kepada perusahaan untuk mengelola segala bentuk
perubahan yang terjadi pada layanan dan proses manajemen layanan agar dapat
mengontrol resiko dari perubahan.
4. Service Operation
Service Operation memberi panduan dalam implementasi dari
manajemen operasi layanan. Service Operation menyampaikan layanan kepada
pelanggaran dan mengatur aplikasi, teknologi dan infrastruktur yang mendukung
penyampaian layanan. Merupakan tahap yang menyampaikan nilai layanan kepada
bisnis secara langsung. Service Strategy mendefinisikan nilai yang akan
disampaikan pada layanan, Service Design mendefinisikan bagaimana merancang
layanan agar dapat menyampaikan suatu nilai, Service Transition mengubah
rancangan menjadi layanan yang sebenarnya, Service Operation menjamin bahwa
layanan dan nilai dari layanan dapat tersampaikan.
5. Continual Service Improvement
Continual Service Improvement berkaitan dengan perbaikan
nilai kepada pelanggan melalui evaliasi yang berkelanjutan dan perbaikan dari
kualitas layanan. Continual Service Improvement mengkombinasikan antara
prinsip, praktis dan metode dari manajemen kualitas, manajemen perubahan,
memperbaiki kapabilitas, memperbaiki setiap tahap dari siklus hidup ITIL, mulai
dari layanan, proses, aktifitas dan teknologi yang berjalan. (AZ/AH)
Sumber:
Office of Government Commerce. (2011). An Introductory Overview
for ITIL. London: Office The Stationary.Office of Government Commerce. (2011).
Service Transition. London: The Stationary Office.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar