1. Persuratan online
Pemerintah membawahi banyak bidang dan instansi, serta berhubungan
dengan banyak orang. Apabila dulu pemerintah masih berkirim surat melalui jasa
pengiriman konvensional yang memakan waktu dan biaya. Saat ini banyak instansi
pemerintah yang mulai memanfaatkan surat elektronik (email). Selain mempercepat
waktu dalam merespon informasi yang masuk, surat elektronik juga menekan
penggunaan kertas sehingga mendorong terciptanya paperless office pada instansi
pemerintah. Tidak hanya itu, dengan adanya surat elektronik memudahkan admin
instansi pemerintah dalam melakukan pengarsipan dokumen dengan lebih tertata.
2. Sistem Pelaporan pemerintah
Selama ini pelaporan merupakan pekerjaan yang penting
sekaligus rumit karena bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat
atas kegiatan yang telah dilaksanakan. Mulai dari laporan kinerja,
laporan fisik, hingga laporan Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran
(TEPPA). Sistem pelaporan pemerintah bertujuan untuk meringankan serta
menyeragamkan sistem pelaporan pemerintahan. Dengan sistem semcam ini
harapannya laporan yang dihasilkan lebih tepat, jelas, terukur, dan
transparan. Kinerja pemerintah pun menjadi lebih ringan, efektif, dan efisien
dalam melayani masyarakatnya.
3. Media komunikasi Aspirasi Masyarkat
Media komunikasi aspirasi masyarakat dapat melalui media
website, call center, maupun pesan singkat. Melalui media inilah pemerintah
dapat mengetahui aspirasi masyarakatnya lebih cepat. Sebaliknya, dari Anda
sebagai warga masyarakat sendiri tidak perlu menempuh jalur birokrasi yang
panjang hanya untuk menyampaikan aspirasi Anda kepada pembuat kebijakan. Dengan
begitu, aspirasi yang disampaikan lebih cepat direspon, dan ditindaklanjuti.
Berkat media komunikasi aspirasi masyarakat ditambah dengan
data identitas warga yang valid. Mampu mendorong pemerintah untuk memetakan
kebutuhan warga kotanya sehingga tidak salah dalam menetapkan langkah-langkah
strategis kedepannya.
4. Sistem perizinan online
Apakah Anda familiar dengan istilah ‘pelayanan satu atap’?
Ini merupakan layanan pemerintah yang artinya Anda hanya perlu datang ke satu
instansi untuk mengurus perizinan yang Anda perlukan. Dengan layanan ini Anda
cukup membawa persyaratan yang dibutuhkan ke sebuah instansi yang ditunjuk
pemerintah tanpa perlu berpindah-pindah tempat.
Saat ini berkat teknologi, ada lagi istilah ‘sistem
perijinan online’. Jika pelayanan satu atap masih meminta Anda untuk datang ke
tempat tertentu untuk mengurus perizinan. Maka sistem perijinan online dapat
Anda akses melalui gadget yang Anda miliki tanpa harus mendatangi instansi
terkait. Berkas-berkas yang dibutuhkan cukup discan saja. Lebih praktis
bukan. Salah satu pemerintah yang telah menerapkan sistem perijinan online
adalah Kota Denpasar.
5. Media informasi perkotaan
Seiring masyarakat yang menghendaki kemudahan, serta update
informasi secara realtime. Beberapa inovasi yang dapat diterapkan pemerintah adalah
menghadirkan beberapa media informasi perkotaan. Media ini dapat dikemas
kedalam beragam cara sesuai dengan tujuan pelayanannya seperti media informasi
lalulintas, harga kebutuhan pokok, destinasi wisata, maupun event. Media
informasi yang diupdate secara realtime seperti ini tentu dapat sangat membantu
masyarakat kota. Itu tadi beberapa teknologi yang apabila diterapkan dapat
mengubah pemerintahan. Bagaimana dengan kota tempat Anda tinggal? Apakah sudah
menerapkan salah satu diantaranya? Memilih penyedia layanan teknologi terbaik
jadi tugas untuk. Saat ini telah banyak penyedia layanan teknologi untuk
kebutuhan pemerintahan yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah layanan
solusi e-goverment dari Gamatechno. Solusi government Gamatechno dibangun untuk
tingkatkan kinerja instansi pemerintah sekaligus memberikan pelayanan publik
yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar